Pengetahuan Umum

5 Perbedaan Pilates dengan Yoga bagi Kesehatan Tubuh

By Januari 27, 2021 No Comments

Masih binggung mengenai perbedaan pilates dengan yoga? Dianggap serupa namun tidak sama, keduanya merupakan dua cabang olahraga yang berbeda, tidak hanya dari sejarah terbentuknya, tetapi manfaat yang didapatkan juga berbeda. Mari kita simak lebih dalam mengenai perbedaan diantara keduanya!

perbedaan pilates dengan yoga - isometric pilates

Perbedaan Pilates dengan Yoga

 

  • Perbedaan Sejarah

 

Berbicara mengenai Yoga, belum diketahui secara pasti siapakah penemu dari cabang olahraga tersebut, namun menurut filosofi India kuno, yoga dipercayai sudah ada sejak 5.000 tahun lalu. Berbeda dengan pilates, yang dikembangkan oleh Joseph Pilates sekitar abad 20-an, serangkaian latihan pilates efektif dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebugaran tubuh. (baca juga: Pilates vs Yoga | Apa itu Pilates? Apakah perbedannya dengan Yoga?)

 

  • Teknik Pernapasan

 

Dalam hal ini, terdapat sedikit perbedaan teknik pernapasan dalam pelatihannya. Yoga akan memfokuskan Anda untuk mengambil dan mengeluarkan napas melalui hidung sembari menggerakan tubuh dengan melakukan pose yoga.

Sedangkan teknik pernapasan yang dipergunakan dalam pilates, ialah dengan menghirup napas melalui rongga hidung dan menghembuskannya secara perlahan melalui mulut, yang disertai dengan kontrol otot perut. Teknik pernapasan seperti ini berfungsi untuk memastikan bahwa aliran oksigen dapat mengalir dengan baik ke jaringan otot di tubuh Anda. Hal ini juga diterapkan guna melatih Anda menjadi lebih rileks ketika melakukan serangkaian pelatihan yang tersedia.

 

  • Penggunaan Alat

 

Peralatan dari olahraga yoga, biasanya terdiri dari matras, gym ball, blok yoga, yoga wheel hingga foam roller. Berbeda dengan pilates, peralatan yang biasanya digunakan ialah reformer, peralatan dengan papan bergerak yang dilengkapi dengan pegas, palang, dan tali.

Walau terdengar asing, reformer memiliki segudang manfaat dalam pelatihannya untuk membangun keseimbangan tubuh dan memperkuat core. (baca juga: peralatan reformer pilates untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peralatan yang tersedia di Pilates Tebet)

 

  • Fokus Prinsip Keseimbangan

 

Berhubungan dengan teknik pernapasan yang dipergunakan, yoga menggunakan prinsip meditasi untuk mengintergrasikan keselarasan tubuh dengan pikiran dan jiwa.

Sedangkan pilates, berusaha untuk menciptakan keseimbangan antara kordinasi tubuh dan pikiran, dimana keduanya akan dilatih dapat berjalan seiringan untuk membantu Anda dalam mempermudah aktivitas keseharian yang ada.

 

  • Pelaksanaan serta Manfaat Pilates dan Yoga

 

Fokus yoga dengan memadukan komponen tubuh, pikiran, dan jiwa, dalam pelaksanaannya hanya akan membantu Anda untuk mendapatkan ketenangan dan relaksasi pada saat pelatihan.

Fokus dari pilates, ialah terkait pada pengendalian otot inti postural, sebagai bentuk pemulihan tubuh dari cedera serta menguatkan bagian persedian. Hal ketenangan dan relaksasi yang difokuskan pada yoga secara tidak langsung akan Anda dapatkan seiring dengan melakukan pelatihan secara rutin di Pilates Tebet.

Kunjungi Studio Pilates Kami di Tebet!

Daftarkan latihan Anda bersama dengan kami di iSometric Pilates Studio. Terkait dengan pertanyaan, Anda dapat menghubungi kami di 0878-8090-9030. Rasakan semua manfaat pilates yang akan Anda dapatkan bersama dengan instruktur terbaik yang telah berserfitikat di studio kami!

Referensi: