FaktaPengetahuan Umum

Manfaat Olahraga Saat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

By Juni 22, 2021 No Comments

Sudahkah Anda mengetahui manfaat olahraga saat puasa bila dilakukan secara rutin?

Kita semua telah mengetahui waktu ideal untuk berolahraga saat puasa. Namun, jika Anda belum pernah mencobanya, pasti Anda akan kesulitan untuk mengetahui manfaatnya. Mari kita simak lebih dalam mengenai manfaatnya!

Manfaat Olahraga Saat Puasa

manfaat olahraga saat puasa#1 Menjaga Berat Badan

Selama puasa, otomatis tubuh akan mengalami beberapa perubahan, seperti berkurangnya asupan energi dan menurunnya cairan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih banyak membakar lemak untuk menghasilkan energi, yang dimana hal tersebut berpotensi menimbulkan penurunan berat badan. Namun, berat badan yang tadinya menurun juga dapat kembali naik. Maka dari itu, penting bagi kita dapat menjalani pola hidup sehat untuk menjaga berat badan agar tetap stabil.

#2 Detoksifikasi Tubuh

Pada saat puasa, tubuh akan mengalami proses detoksifikasi, yaitu dengan membuang zat-zat atau racun yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga metabolisme tubuh kita dapat bekerja lebih optimal.

#3 Regenerasi Sel dan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan adanya proses detoksifikasi, sel-sel di dalam organ tubuh kita akan melakukan regenerasi (pembaharuan sel-sel baru), sekaligus dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang dimana fungsi dari kelenjar getah bening dapat membantu tubuh untuk melawan virus.

#4 Mengelola Pikiran dan Kesehatan Mental

Riset membuktikan berpuasa dapat meningkatkan rasa pencapaian dan kebangaan akan sebuah keberhasilan, seperti halnya telah menyelesaikan “tugas yang sulit”, untuk mengendalikan diri dari godaan makan ataupun minum. Alhasil, hal ini dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif dan mendorong rasa bahagia, untuk menurunkan rasa cemas dan mengendalikan stress.

#5 Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Penyakit Diabetes

Sebuah penelitian menyatakan, berpuasa dapat meminimalisir kita dari risiko terkena penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa. Selain itu, berpuasa juga dinilai dapat mengurangi resistensi insulin yang dapat memicu penyakit diabetes. Penting bagi kita untuk mengetahui, menjaga kesehatan tubuh juga harus disertai dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur.

Kabar baiknya, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat olahraga saat puasa seperti diatas, Anda dapat mencoba berlatih pilates sebagai pemula di iSometric Pilates Studio Jakarta. Instruktur kami terlebih dahulu akan mengajarkan gerakan dasar pilates yang akan disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda, sehingga Anda dapat mengetahui setiap manfaat dari gerakan tersebut. (baca juga rangkaian artikel kami mengenai “Manfaat Pilates”)

Kunjungi Studio Pilates Kami di Tebet!

Bersiap memulai latihan Anda bersama kami? Silahkan hubungi kami di 087-8090-9030 dan segera jadwalkan latihan Anda bersama instruktur terbaik di studio kami dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah.

Referensi: